Pilih BBM yang Tepat, Jangan Disepelekan!
Pengendara selalu dihadapkan dengan pilihan RON 90, 92, 98, sebenarnya apa arti semua itu? Diarahkan merujuk ke spesifikasi mesin kendaran. Pertanyaan muncul lagi, punya saya cocok yang mana? Sedangkan di buku manual ada, katanya tidak punya padahal malas baca, sedangkan kuota internet selalu ada. Stiker di tangki atau jok hanyalah hiasan.
RON (Research Octane Number) hanyalah nilai/tingkat oktan, adalah ukuran stabilitas pada kandungan bahan bakar. Pertalite (90), Pertamax (92), Pertamax turbo (98). semakin kecil nilainya (tidak stabil) mudah terbakar oleh tekanan.
Secara aturan dari perusahan dengan spesifikasi mesin, umumnya motor mesin kecil, tidak boleh dibawah RON 88, tapi boleh diatasnya. Syarat tambahan tidak mengandung timbal, artinya bensin yang bersih.
Skenarionya motor dengan mesin kompresi 9:1, normalnya diisi RON 88 (premium). Karena tidak ada diproduksi, maka pakai RON 90, ini tidak masalah. Masalanya jika itu diisi RON 98, yang terjadi adalah gas akan terasa kosong (kurang tenaga), karena bensin yang terlalu banyak dan tidak terbakar sempurna. Kemudian memicu fuel dilution yang bisa merusak oli dan seal. Sebaliknya, kompresi tinggi diisi RON 90, yang terjadi adalah gas terasa berat, karena pre-ignition dan miss-fire. Kemudian memicu kerusakan piston dan conrod.
Umumnya perbedaan RON ini tidak bisa dirasakan oleh orang biasa, apa lagi motor matic, apa lagi motor masih bisa jalan. Sehingga hanya untuk orang yang tahu motor saja. Baiknya, ikuti saja saran dari pabrikan motor agar tidak pusing.
Post a Comment