Kapan Waktunya Ganti Oli?

Pelumas motor ini tidak bisa dianggap remeh. Makanan pokok selain bensin buat motor yang sekaligus bisa jadi bumerang jika disepelekan. Sejatinya fungsi oli adalah untuk pelumasan part yang bergerak yang ada dalam mesin motor. Agar besi tidak kontak langsung dengan besi, yang bisa mengakibatkan cepatnya terkikis. Selain itu oli berfungsi untuk menyebarkan panas, agar panas tidak mengumpul di satu area saja.
Berikut tiga faktor yang menjadi acuan untuk mengganti oli. Tidak lagi berdasarkan buku manual atau odometer. Karena buku manual tiap motor berbeda, odometer juga bisa berhenti jika gear speedo rusak, dan pemakaian tiap orang itu berbeda-beda, dan dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Bagi saya cara ini lebih mudah dimengerti, yaitu melalui sampel oli dari mesin motor, 1-3 tetes oli sudah cukup.
Volume
/photo/gridoto/2017/10/31/1957043616.jpg)
Kondisi Fisik
Contoh oli dari mesin yang diambil dalam keadaan dingin. Teteskan pada kain atau letakan pada jari lalu usapkan. Jika dirasa tidak licin seperti oli pada umumnya, terdapat semacam pasir atau serbuk halus, teksturnya lengket seperti gula cair/lem. Berarti oli sudah jelek dan bercampur dengan kotoran, lebih baik diganti dengan oli filternya jika sudah waktunya.
Warna
Penggunaan oli pada motor ini ada dua jenis, bensin dan diesel. Oli bensin, dari warna yang bening menjadi menghitam, artinya masa pakai habis. Sedangkan Oli diesel warnanya cenderung lebih cepat gelap tapi dalam artian oli ini bekerja, bukan habis masa pakainya. Oli diesel meskipun warnanya gelap tetap seperti itu sampai nanti masa pakainya habis akan mencoklat atau menghitam legam.

Perubahan warna ini juga dipengaruhi oleh campuran yang ada pada oli
Bau disini maksudnya ada bau diluar oli, setelah pemakaian seperti bau bensin, atau gosong pada oli. Ini bahaya jika terjadi, karena dapat merusak karet seal pada mesin. Sehingga terjadi rembesan oli, dan oli cepat menguap. Jika oli baru tapi bau sangit, itu oli palsu atau daur ulang jangan digunakan!
- Abu-abu. campuran serbuk halus besi, alumunium, kampas kopling, seringnya dari penggantian baru pada kampas kopling, atau gesekan ring piston pada bore. Ini kenapa disarankan ganti oli 500km pertama selesai turun mesin.
- Putih/cream. warna seperti kopi susu menandakan oli tercampur air, biasanya air radiator atau saat terendam banjir.
- sedikit biru, hijau, merah. Menandakan tercampur bensin, ring piston sudah mulai aus.
Bau
Oli memiliki bau ciri khasnya sendiri, ada yang seperti minyak pada umumnya, ada yang tidak berbau sama sekali, ada juga bau wangi seperti oli pertamina enduro.Bau disini maksudnya ada bau diluar oli, setelah pemakaian seperti bau bensin, atau gosong pada oli. Ini bahaya jika terjadi, karena dapat merusak karet seal pada mesin. Sehingga terjadi rembesan oli, dan oli cepat menguap. Jika oli baru tapi bau sangit, itu oli palsu atau daur ulang jangan digunakan!
Post a Comment